macam macam sablon dan contohnya

yuk baca artikel kami tentang macam macam sablon dan contohnya, banyak diantara kustomer kami menanyakan tentang sablon sebelum memesan kaos  sehingga kami tergerak untuk berbagi informasi tentang macam macam sablon dan contohnya agar kamu tidak bingung memilih dan membedakan sablon dan kaos yang ingin kamu pesan. ada beberapa macam-macam sablon yang bisa diaplikasikan dalam sablon manual dan tidak bisa ditemukan di sablon digital, yuk simak baik-baik artikel ini.

tentang macam macam sablon dan contohnya kami akan memulainya dari jenis sablon yang paling sering dipakai dan dipesan.

  1. sablon rubber  Rubber / karet  : digunakan untuk sablon diatas bahan textile, terutama di bahan kaos. Memiliki karakteristik seperti karet yang dapat melar bila ditarik. Tinta rubber banyak sekali tersedia dalam berbagai macam kualitas. Tinta rubber yang bagus dapat kita kenali dari daya tutupnya, hasil sablonannya apakah lembut atau kasar, dan juga tingkat elastisitasnya ( apakah bila ditarik dia akan melar dan tidak retak ). banyak kustomer memilih sablon ini karena terkenal unuk handfeelnya sangat lembut, ramah lingkungan dan pengerjaan lebih cepat ditambah harga yang terjangkau yuk lihat contoh sablon rubber

2.SUPER WHITE/SOFTWHITE/ SW digunakan untuk sablon diatas bahan textile, terutama di bahan kaos. Pada awalnya tinta jenis ini digunakan untuk menghasilkan efek vintage atau grunge yang samar – samar, karena karakteristiknya yang halus namun dapat disablonkan ke bahan berwarna gelap. Namun akhir-akhir ini softwhite juga banyak digunakan untuk sablon kaos yang menggunakan teknik raster ( gambar gradasi ), yang biasanya cukup sulit untuk diperoleh saat menggunakan tinta jenis rubber. Tinta softwhite, memiliki karakteristik warna putih yang soft sesuai dengan namanya, jadi jangan berharap untuk mendapatkan warna putih tebal bila hendak menggunakan tinta jenis ini. berdasarkan pengalaman kami banyak orang yang gagal paham dengan tinta jenis ini banyak yang menduga jika kaos mereka disablon menggunakan tinta superwhite hasil sablon akan sangat putih bright dan solid eittts tunggu dulu, yuk disimak dulu memang menurut kami ada pergeseran dalam pemaknaan sw menurut kami lebih tepat dinamakan soft white bukan super white. karenis sablon ini. sablon sw ini soft dan tidak solid serta tidak bright. apakah bisa kaos hitam disablon pakai sw? bisa, akan tetapi hasil sablon gak akan teranfg tapi warna akan redp karena sifat dasar tinta yang menyerap dalam kain, jangan berharap sablon putih akan terlihat bright diatas kaos hitam jika memakai tinta atau jenis sablon ini tapi kelebihan jenis sablon ini hasil sablon handfellnya sangat bagus sangat lembut ditangan atau tidak terasa ditangan.

3. SABLON PLASTISOL  tinta plastisol sebenarnya tidak dapat digolongkan dalam kategori tinta waterbase karena merupakan tinta berbasis minyak / oilbase. Tinta jenis ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan tinta jenis waterbase untuk textile lainnya, diantaranya ; tidak mudah kering di screen, daya tutup yang sangat baik, bisa dibuat tebal sekali sehingga menghasilkan efek timbul yang sangat kentara, dsb. Sayangnya, tinta plastisol ini memerlukan peralatan yang cukup mahal untuk proses pengeringannya, seperti ; mesin conveyor curing dan flash curing yang berharga jutaan hingga puluhan juta untuk memilikinya. Tinta plastisol sendiri juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis, seperti ; all purpose Ink, High Opacity, High Density Plastisol, Cork Base, Natural Suade, dsb. Salah satu kelemahan dari tinta plastisol ini adalah hasil sablonannya tidak bisa di setrika atau di dry clean karena bisa membuatnya rusak / meleleh.

 

4. SABLON DISCHARGE  ( cabut warna ) : tinta jenis ini memiliki efek khusus yang dapat mencabut/ menghilangkan warna pada kain katun. Sebagaimana yang kita ketahui, kain katun yang berwarna-warni sebenarnya telah melewati proses pencelupan warna. Tinta discharge dapat digunakan untuk menghilangkan kembali pewarna yang sudah menempel di benang kain, sehingga mengembalikan warna benang kain itu ke warna asalnya ( bila warna benang putih maka hasil cabut warna akan terlihat putih kembali ). Dengan teknik sablon, maka tinta discharge bisa menghasilkan sebuah efek yang menawan, karena hanya bidang yang disablon saja yang akan menghasilkan efek pencabutan warna, sehingga tekstur dan warna yang dihasilkan seperti menyatu dengan bahan kain ( karena memang demikian ).

5. SABLON GLOW IN THE DARK 

Sablon glow in the dark adalah tinta ini punya efek bercahaya saat di tempat gelap. Sebenarnya tinta ini merupakan campuran antara serbuk fosfor yang mampu menyerap cahaya dan memendarkannya kembali saatgelap ( efeknya dalam waktu terbatas ) dengan tinta yang berkarakteristik transparant, seperti misalnya : rubber transparant atau tinta extender. Tinta jenis ini hanya dapat menghasilkan efek yang baik diatas warna terang, sehingga bila hendak disablonkan di atas kain berwarna gelap, maka perlu dilakukan underbase ( dasaran ) berwarna terang terlebih dulu. sablon glow inthe dark ini salah satu sablon yang unik karena bisa menyerap cahaya dan menyala didalam gelap. namun kelemahan sablon ini adalah sablon tidak menyala secara terus menerus akan tetapi ahrus terkena atau diberikan cahaya agar sablon bisa menyala durasi sablon bisa menyala 1-7 detik. tapi menurut kami tipe sablon ini sangat menarik dan sangat unik diaplikasikan di kaosmu.

 

6. SABLON Flocking : merupakan sebuah efek beludru yang dapat kita dapatkan dengan cara transfer atau dengan meniupkan serbuk beludru keatas lem flocking yang sudah mengering ( dengan bantuan mesin magnetik blower ). Sebagai pemula, bila anda ingin mencoba efek ini, maka lebih baik dengan menggunakan teknik transfer, yaitu dengan membeli flocking paper siap pakai, karena mesin magnetik blower berharga cukup mahal, sehingga investasi yang perlu anda keluarkan cukup besar. Sablon ini yang sering dipakai brand 3 second menimbulkan kesan ekslusif dan unik untuk sebuah produk clothing

source http://www.3vprinting.com

7.Crack Binder : tinta jenis ini dapat menghasilkan efek retakan yang natural, sangat menawan bila anda hendak menyablon dengan tema vintage atau grunge.

soruce ant.ink

8.Tinta Glitters : sebenarnya tidak tepat bila disebut tinta karena merupakan campuran dari lem glitters dan serbuk glitters itu sendiri. Tinta glitters menghasilkan efek gemerlap sesuai dengan jenis glitters yang digunakan. Beberapa jenis efek glitters yang dapat anda temui di pasaran, diantaranya adalah ; glitters metalic, glitters rainbow, glitters hologram, glitters hexagon, dsb. Ada dua cara untuk menyablon dengan tinta glitters. Pertama, disablon dengan dicampurkan bersama lemnya ( menggunakan kain screen yang sangat kasar : T-12 SL ). Kedua, dengan menyablonkan terlebih dahulu lem glitters, kemudian glitters tersebut ditaburkan ke atas sablonan lem yang masih basah ( bisa menggunakan kain screen dengan ukuran standart untuk menyablonkan lemnya, mis : T-48 / T-54 ).

yap sekian penjelasan kami tentang macam macam sablon dan contohnya jiak info kami belum terlalu jelas kamu bisa bertanya kepada kami tentang macam macam sablon dan contohnya sampai kamu mengerti dan memilih aplikasi sablon untuk kaosmu.


YUK BUAT KAOS DAN SABLON KAOSMU Di SOCRATES17 SABLON KAMI BERIKAN YANG TERBAIK DARI KAMI UNTUK KAMU.

SOCRATES17 TEMPAT SABLON BERKUALITAS BUAT KAMU

macam macam sablon dan contohnya