Cara mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol yang benar, Pada dasarnya tinta sablon ada dua jenis, yakni tinta dengan bahan dasar air atau yang disebut dengan waterbase dan tinta yang berbahan dasar minyak atau solvenbase. Bila anda ingin membuat sablonan yang awet dan tahan lama, mengetahui jenis-jenis tinta yang digunakan sangat diperlukan. apalagi tinta plastisol yang memerlukan penanganan khusus dalam mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol agar tidak mudah retak atau pecah ketika dicuci , sebelum membahas cara mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol, yuk cari tahu dulu apa sih perbedaan sablon plastisol dengan sablon yang lain.

Yang termasuk dalam sablon tinta waterbase antara lain sablon pigment dan rubber. Perbedaan antar penggunaan tinta sablon waterbase dan solvenbase terutama pada hasil penyabolonannya. Hasil sablon tinta waterbase biasanya solid, menempel pada permukaan kaos dan permukaannya tidak lengket, warnanya cenderung lebih doft dibandingkan tinta solvenbase. Sedangkan untuk hasil sablon tinta solvenbase permukaannya berkilap atau glossy.

Perbedaan lainnya dalah pada proses pengeringan sablon. Untuk tinta waterbase dalam melakukan pengeringan, hanya perlu diangin-anginkan kan saja, bisa juga dengan menggunakan kipas angin atau hairdryer. Namun, bila anda menggunakan tinta dengan bahan dasar minyak atau solvenbase, maka pengeringannya harus menggunakan alat pengering khusus atau hotgun yang bisa mencapai suhu 160 derajat celcius. Tinta dengan bahan dasar minyak tidak dapat secara langsung mengering dengan sempurna meskipun anda sudah mengangin-anginkan selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan tinta ini tidak bisa larut di dalam air, karena bahan dasarnya yang terbuat dari minyak itu tadi.

gimana sih hasil sablon plastisol itu?

1. Jenis sablon plastisol akan memberikan hasil sablonan dengan tekstur yang rapat, dan warna cerah mengkilap.
2. Bila menggunakan jenis sablon plastisol, dan melakukan perawatan dengan tepat, maka sablonan ini akan awet dan bertahan lama. Akan lebih baik lagi untuk tidak dilakukan penyetrikaan di atas desain sablon. Bila ingin menyetrikanya hendaknya kaos dibalik dan memberikan alas sebelum disetrika.
3. Pemakaian jenis sablon plastisol merupakan jenis sablon yang sesuai dengan standarisasi para vendor clothing di luar negeri.
4. Pemakaian jenis sablon plastisol hanya digunakan oleh beberapa vendor tertentu saja sehingga menjadi lebih ekslusif.

Untuk prosedur pengerjaan atau mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol yang benar secara detail akan kami sampaikan dibawah ini.

  1. siapkan pengering tinta meliputi hotgun atau curinf,flashcuring
  2. tinta plastisol
  3. pengencer plastisol atau reducer

apakah tinta plastisol bisa kering dan matang memakai hotgun?

bisa, cuma agak beresiko kering dan matang secara tidak merata yang menyebabkan sebagian tinta plastisol terkelupas dll, pastikan pengeringan plastisol menggunakan hotgun menggunakan panas level satu yak dianjurkan juga minimum listrik dirumah kamu sebesar 13000 watt

kok tinta plastisolku lengket dan kental banget padahal di video sablon kelihatan encer dan mudah digesut?

plastisol sifat dasarnya memang sangat kental dan lengket maka dari itu kamu harus menambahkan reducer atau pengencer tinta yaak.

gimana sih untuk mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol yang benar?

berdasarkan pengalaman kami dan ilmu dari rekan-rekan profesi, kamu bisa mengeringkan sementara sablon plastisol dengan menggunakan hotgun setelah itu masuk curing ( dan kamu sebaiknya punya curing meskipun yang murah dan kecil, gak pa2 yang penting ada agar sablon plastiol maksimal )

berapa suhu dan waktu curing untuk mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol?

suhu curing berada pada suhu 170 derajat dan dimatangkan dalam waktu 90 detik untuk pengeringan ant ink. tinta merk lain bisa beda, kamu harus profing dulu ya masee agar hasil maksimal

berapa suhu hot press dan waktunya ?

suhu press berada diangka 170 derajat dan untuk waktunya 20 detik

bagaimana agar plastisol jadi doof atau glosy?

jika ingin doff diatas hasil sablnan sebelum dipress berikan lembaran hvs dan press selama 20 detik maka hasil akan terlihat doff dan keryas hvs sebaiknya digunakan cuma sekali pakai ya mase, dan cara plastisol glosy dengan cara memakai mika astralon yang bisa kamu beli di toko sablon terdekat waktu press 25 detik .

sekian tips dan trik kami cara mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol dengan benar, selamat mencoba dan selamat berkarya .

Plastisol glosy

Plastisol doof

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: