Cara afdruk film sablon yang benar, afdruk sablon?? terkadang kita dipusingkan dengan urusan afdruk sablon yang sebenrnya gampang, sebelum membaca artikel cara afdruk film sablon yang benar pasti kita sering mengalami hal ini hmmmm susah gak yaa? kok kalo aku ngafdruk susah disemprot? kok aku ngafdruk sering ambrol? kok aku ngafdruk hasilnya bergerigi? kok kalo aku ngafdruk  gak pernah jadi dan hasil afdrukan tintanya gak bisa keluar maksimal? yuk cari tau gimana sih cara afdruk film sablon yang benar?

yuk simak baik-baik yakkk cara afdruk sablon yang benar

Langkah 1

Bersihkan Screen yang akan di afdruk dengan pembersih khusus screen atau kalau tidak ada bisa gunakan sabun cuci piring. Bersihkan kotoran dan lemak yang ada pada kain screen, bilas sampai bersih dan keringkan.

Langkah 2

Campurkan sensitizer (botol kecil) dengan emulsi (botol besar) dengan perbandingan 10 : 1 kemudian aduk sampai rata, kemudian diamkan beberapa saat kira-kira 30 menit. Untuk hasil lebih baik masukkan kedalam lemari es (jangan sampai beku). Jangan dicampur semuanya, sediakan wadah buat mencampur kedua bahan tersebut, dikira-kira cukup untuk screen yang akan di afdruk, sisanya disimpan buat yang lain. Emulsi yang belum dicampur Sensitizer dapat disimpan bertahun-tahun dan yang sudah dicampur dapat disimpan selama -+ 3 hari jika disimpan dalam lemari es.

Langkah 3
Oleskan emulsi pada screen secara merata pada bagian luar dan dalam, oleskan secara perlahan agar seluruh bagian screen tertutup sempurna, olesi pada bagian luar dan dalam, anda bisa menggunakan rakel atau penggaris mika untuk meratakannya.

Langkah 4

Keringkan screen yang sudah diolesi emulsi menggunakan Kipas Angin atau Hair Dryer, JANGAN mengeringkan dibawah sinar Matahari. Sebelum penyinaran screen harus benar-benar kering. Karena sifat obat afdruk yg peka cahaya maka lakukan pengeringan dalam ruangan tertutup dan usahakan tidak terkena cahaya secara langsung.

Langkah 5

Sinari screen menggunakan 2 buah lampu neon 20w, kira-kira selama 4 – 7 menit. Apabila menggunakan sinar matahari cukup 10 – 15 detik saja. Proses Penyinaran ini tidak boleh terlalu lama ataupun terlalu sebentar. Jika terlalu lama, ditakutkan seluruh permukaan akan terlalu matang, sehingga area screen yang harusnya tetap bolong akan susah untuk dirontokkan obat afdruknya. Jika terlalu sebentar hasilnya akan kebalikannya, area screen yang harusnya tetap tertutup obat afdruk malah mudah rontok ketika dilakukan penyemprotan.

Langkah 6

Setelah selesai basahi screen pada kedua sisinya, kemudian semprot dengan air bersih pada bagian sisi luar dan dalam secara bergantian, semprot hingga gambar terbuka sempurna. Apabila terjadi kegagalan dapat dihapus dengan Remover

kok susah disemprot mas?

  • kalo afdrukan susah disemprot berarti waktu penyinaran terlalu lama..biasakan mengukurdan testing terlebih dahulu agar mendapatkan komposisi penyinaran afdrukan yg bener.. admin memakai 4 lampu dan membutuhkan waktu 3 menit untuk penyinaran dan hasilnya oke…

kok gampang ambrol mas?

  • kalo ambrol berarti penyinaran terlalu sedikit, penggunaan sensitizer terlalu sedikit dan film sablon tidak terlalu pekat.gunakan hasil printing yg tajam dan pekat untuk hasil yg lebih baik

kok afdrukan bergerigi?

  • kalo afdrukan bergerigi disebabkan oleh pengolesan afdrukan yang terlalu tipis, untuk admin dalam pengolesan afdruk sablon dengan coater agar hasil merata 2 kali labur luat dan 1 kali lebur dalam plus didukung meja afdrukan yg baik dan pastikan film dan screen menyatu, gunkan beban yg pas dan basahi kertas hvsdengan solar, hasil afdrukan akan lebih baik daripada pakai minyak goreng.

kok kadang gak tembus mas?

  • jika kamu habis nyemprot afdrukan dan terlihat sudah bolong janagn buru-buru yaak..penyemprotan afdrukan harus diulang dan dipastikan bersih dari zat kalium atau cairan hasil sisa dari penyemprotan afdrukan, jika terlanjur kering kamu pasti bisa melihat ada kayak pelangi di area sablon, itu menandakan anaya zat kalium yg menempel, kamu jangan panik, ini bisa dibersihkan dengan cara gunakan air liur kamu untuk membersihkannya dengan cara mengoles dan kamu urut2 pakai jari, sebelum masuk sablon flood/laburkan tinta dan tunggu 1-2 menit agar tinta bisa turun maksimal.

cara ngilangin atau hapus afdrukan gimana mas?

  • pakai kaporit dan soda api, sediakan air secukupnya campurkan kaporit dan soda api dalam air setelah itu aduk dan laburkan cairan di screen tungu 10 menit , afdukan akan rontok dengan sendirinya.setelah selesai bersihkan sisanya pakai m2 dengan  cara menggosoknya dengan kain.

itulah artikel dari kami tentang cara afdruk sablon yang benar, kamu bisa mencoba tips cara afdruk sablon yang benar ini, semoga artikel kami tentang cara afdruk sablon yang benar dapat membantu kamu.

source

AladinSps Then Limanto

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: