Cara menghilangkan sablon pada kaos. Sebagai seorang screen printer atau mas sablon ada beberapa hal yang sering kita temui dalam beberapa proses produksi antara lain ketika ada screen sablon bocor dan kita tidak tahu , hal ini mungkin di sebabkan oleh beberapa hal seperti kurang telitinya seorang operator sablon, hasil afdruk yang tidak kita teliti terlebih dahulu, cahaya yang remang yang menyebabkan kita kurang fokus dan kita tidak mengetahui bahwa screen bocor dan terkena kaos atau kain, hal ini memang sangat menjengkelkan apalagi kita terburu-buru dikejar deadline produksi. maka dari itu penting bagi kami untuk mengulas bagaimana cara menghilangkan sablon pada kaos.

Sebagai seorang mas sablon kita harus punya solusi menghilangkan sablon pada kaos ini agar customer tidak mengembalikan hasil produksi kita atau yang kita kenal sebagi retur atau reject. seringkali kita dibuat kebingungan bagaimana cara menghilangkan sablon pada kaos. untuk menghilangkan sablon pada kaos kita tidak boleh sembarangan agar kaos tidak rusak ada beberapa tips dari kami, yang kami susun berdasarkan dari para rekan sablon yang mengalami hal seperti ini.

Yuk simak bagaiman cara menghilangkan sablon pada kaos yang benar:

Cara menghilangkan sablon pada kaos ketika sablon masih dalam kondisi basah.

  1.  sebelum proses sablon dimulai jika proses produksi sablon kalian mengguanakn seorang helper atau yang membantu operator sablon, seorang helper diwajibkan membawa kain perca yang bersih. yang satu basah dan yang satu kering. ketika ada screen yang bocor maka seorang helper harus siap2 mengelap bagian kaos yang terkena tinta dengan kain perca yang sudah disiapkan, pertama usap dengan perca yang basah kemudian dilap dengan perca yang kering sehingga kaos bisa diselamatkan. pastikan sampai bersih.
  2. tutup area yang bocor dengan lakban atau sisa obat afdruk agar tidak ada rembesan tinta yg menegenai kaos
  3. jika dirasa screen sudah tidak layak pakai maka buatlah screen yang baru saja agr customet tidak kecewa.

Cara menghilangkan sablon pada kaos ketika sablon sudah kering

  1. ketika setelah sablon dikeringkan dan kamu baru saja tahu kalau ada tinta yang bocor kamu jangan panik ada beberapa cara yang biasa digunakan agar sablon bisa hilang.
  2. kamu sebagai seorang screen printer harus punya alat yang namanya textile gun, apa itu textile gun? textile gun adalah alat yang biasa digunakan unntuk industri garment konveksi sablon untuk menghilangkan tinta yang menempel pada kain atau kaos, harganya cukup murah mulai dari 350-550 ribu. kalian bisa beli di sps terdekat. kalau tidak tahu silahkan tanya kami.
  3.  cara menggunakan textile gun sangat mudah cukup semprotkan textile gun ke area yang terkena sablon, textile gun akan menembakkan air dengan tekanan yang sangat tinggi kecil dan sangat tajam jika mengenai kulit saja sudah membuatmu luka. arahkan ke noda sablon dengan kemiringan tertentu agar serat kain tidak rusak dijamin noda sablon yang menempel pada kaos akan hilang. ini adalah cara paling efektif untuk screen printer menghilangkan sablon pada kaos.
  4.  TEXTILE GUN dan penjelasan bagaimana cara menggunakannya bisa dilihat dibawah ini foto dan videonya. cara menghilangkan sablon pada kaos cara menghilangkan sablon pada kaos cara menghilangkan sablon pada kaos cara menghilangkan sablon pada kaos
  5. lihat video bagaimana menggunakannya disini https://youtu.be/ugKrRK1X–k

CARA  MENGHILANGKAN SABLON POLYFLEX

Untuk masyarakat umum pastinya juga kamu pernah punya baju yang sablonnya rusak atau retak bahkan sudah terkelupas sedikit-sedikit dan kamu pengen menghilangkan sablon pada kaos tersebut. hal ini bisa dilakukan jika kaosmu menggunakan sablon polyflex seperti pada jersey bola.

ini adalah cara menghilangkan sablon pada kaos dengan sablon polyflex . tapi hal ini menuntut kesabaran tinggi dan kehati-hatian dan pastinya tidak bisa 100 persen bersih seperti baru. silahkan disimak cara menghilangkan sablon pada kaos dengan sablon polyflex.

  1. sablon polyflex lemah dan rentan dengan panas. letakkan setrika dengan suhu tinggi di area sablon. disinilah polyflex akan sedikit mengkerut dan agak terkelupas gimana gitu. lakukan treatment ini agar sablon polyflex kehilangan rekatnya.
  2. menggunakan bahan kimia . cara menghilangkan sablon di kaos menggunakan cairan M3/M4. Anda dapat dengan mudah mendapatkan cairan M3/M4 di toko-toko perlengkapan sablon. Harga cairan ini juga relatif terjangkau satu botol kecil M3 biasanya di jual antara Rp 7.000 – 10.000. sedangkan M4 sedikit lebih mahal yaitu Rp 10.000 – 15.000 per botol kecil, namun M4 lebih efektif saat di gunakan untuk menghilangkan sablon.
  3. Cara menggunakan M3/M4 untuk menghilangkan sablon cukup mudah, pertama anda siapkan kain atau kapas. Kemudian basahi kain atau kapas dengan cairan M3/M4 lalu usapkan ke bagian sablon yang ingin anda hilangkan, setelah terlihat sedikit memudar ambil sikat cuci dan gosokkan ke sablon yang akan di hilangkan. Sebaiknya saat mengoleskan cairan tersebut hati-hati, karena jika terkena sablon yang tidak ingin anda hilangkan, gambar akan menjadi memudar.
  4. Ada juga cairan lain yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan sablon yaitu paint remover, cara penggunaannya juga sama dengan menggunakan cairan M3/M4.
  5. Apabila sablon yang di gunakan pada kaos anda adalah poliflex, cara menghilangkannya cukup mudah dan tidak perlu repot-repot membeli cairan di atas, anda tinggal menggunakan setrika dan alkohol murni.

Caranya :

Pertama anda persiapkan alat dan bahan:

1.Kaos yang akan di hilangkan sablonnya.

2.Alkohol murni

3.Setrika

4.Kain Kering

Langkah yang dilakukan:

Panaskan Setrika, kemudian letakkan kaos yang akan di hilangkan sablonnya di atas meja atau tempat yang rata, lalu letakkan kain kering di atas kaos yang ada sablonnya dengan sejajar sehingga kaos dan kain tersebut menumpuk. Setelah itu tempelkan setrika yang sudah panas di kain dan kaos tersebut kira-kira 5 detik. Ambil kain kering, lalu oleskan alkohol selagi sablonan masih panas. Sablonan pada kaos akan mulai mengkerut dan mungkin sudah bisa dilepas. Olesi bekas sablon/ lem pada kaos dengan alkohol lalu gosok dengan kain kering setelah selesai di hilangkan Cuci kaos tersebut.

Proses di atas membutuhkan kehati-hatian karena bisa saja setrika yang panas akan merusak sablon lain yang sebenarnya ingin dipertahankan.

Apabila masih ada bayangan sablon yang berasal dari lem bisa anda hilangkan yaitu dengan cairan ulano 8, teteskan cairan tersebut pada bekas sablon lalu gosok dengan lap. Sebenarnya dengan proses pemakain lalu cuci yang berulang-ulang maka bayangan lem akan hilang dengan sendirinya.

congkel area sablon yang terkelupas dengan silet atu cutter tetap sabar dan hati-hati agar tidak sobek siapkan penjepit kuku untuk menarik sisa sabon polyflex.

Itulah beberapa cara menghilangkan sablon pada pakaian bisa dipraktekan pada jaket, kaos, jersey dll. Keefektifan cara di atas juga tergantung pada jenis kain dan sablon.

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: