kumpulan-tips-dan-trik-sablon

Apakah sisa obat afdruk yg mugkin udah seminggu atau lebih masih bisa di gunakan..dan apakah waktu penyinaran jg sama seperti waktu awal afdruk?

jawaban ini berasal dari beberapa teman sablon yang berkumpul di groub wa

1.obat afruk masih bisa digunakan dengan syarat obat afduk masoh dalam kondisi baik tidak kering atau jamuran dan disimpan ditempat yang baik yang terhindar dari sinar matahari langsung.

2. obat afdruk bisa dipakai dengan menambahkan sensitizer lagi kemudian diaduk lagi.

3. penggunaan obat afdruk sisa mungkin tidak sebaik dengan obat afdruk yang baru keluar dari wadahnya.

 

Apakah bisa mencampurkan seluruh sensitizer dengan seluruh obat afdruk di botol secara bersamaan kemudian digunakan di lain waktu?

1.beberapa sabloner melakukan ini biar gak ribet ketika proses afdruk dalam jumlah besar dan kerepotan jika harus berulang kali membuat ramuan obat afdruk.

2.pencampuran obat afdruk dengan model begini bisa dilakukan dan bisa untuk membuat film sablon dan biasanya obat afdruk disimpan dalam lemari es ( tempat air mineral nukan freezernya yak)

 

Berapa takaran campuran antara obat afdruk dan sensitizer?

takaran yang dianjurkan adalah 1:10 dengan perbandingan sensitizer 1 obat afdruk 10 yak.

 

Kalau mau beli obat afruk merknya apa ya mas?

ada beberapa obat afdruk yang beredar di pasaran dari yang murah samapai yang mahal

diantaranya phothosol , ulano , sscp solo, virasol, bremol dll kalian bisa beli di toko sablon dengan bilang sama mbaknya, mabak beli obat afdruk untuk sablon.

 

Bang biar hasil afruk kuat dan gak brodol atau rusak harus diapain yak?

banyak kasus hasil afdruk rusak saat gesut yg sering ditemui oleh pemula bisnis sablon

hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain

  1. afruk di screen belum benar benar kering sudah digunakan, hal ini menyebabkan kekerasan afdrukan belum terlalu kuat sehinggga pada penggunaan 20-30 gesutan sudah brodol
  2. tinta sw yang bersifat encer juga sering membuat afdrukan cepet ambrol, biasanya ditempat kami untuk sw. screen kami biarkan dan kami jemur sehari seblum sablon biar screen kuat dulu untuk menghadapi kenyataan
  3. beri hardener atau penguat afdruk dalam prosesnya yak. caranya setelah screen selesai diafdruk keringkan dengan hairdryer, oven screen atau hotgun, setelah kering lumuri dengan hardener atau penguat afdruk biasanya kami memakai kuas lembut biar gak ngecap ditangan dan safety , bagaimanapun itu zat kimia boy biar gak sakit karena kita bukan ironman atau gunakan sarung tangan.
  4. tunggu 5-15 menit setelah pengolesan hardener biar meresap, setelah itu dicuci dengan mengguyur air pelan-pelan biar gak menutupi areaa printing kemudian dikeringkan screen siap digunakan
  5. ada juga temen-temen sablon yang tidak diguyur air tapi langsung digunakan setelah screen sablon kering. pengguyuran air atau di lap memakai kain kanebo basah menurut kami lebih bagus untuk menceha adanya penyumbatan area printing karena hardener.

mas alat semprot afdruk yang baik pakai apa yak?

tergantung kemampuan sabloner untuk hal ini dan kebiasaan

menggunakan semprotan burung/tudor juga bisa (burung yang itu bukan yang itu)

bisa pakai pompa semprot sejenis semprotan burung dan tanaman yang pemakaiannya dipompa dulu

kompresor juga bisa ini yang digunakan temen2 yang punya budget lebih untuk beli alat semprot afdruk biar maksimal

kalo kami memakai jet washer , cuma karena tekanan yang besar kalian harus melakukan ujicoba dulu dengan jarak semprotnya biar gak kekencengan malah bikin ambrol dan hasilnya oke alat ini juga bisa buat bersihin screen biar kalian gak susah payah dan ngos ngosan bersihin screen.

mas kalo screen buntu itu kenapa yak?

screen buntu terjadi karena area printing tertutup zat kalium sisa obat afdruk.

hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

jika areanya cuma sedikit, pake air ludah kalian atau air liur tetangga untuk membersihkan sisa kalium dengan cara mengoleskannya diare yang tertutup kalium, cara ini sangat manjur. tapi kalo banayk bangett ya janagn pake air liur nanti liur kalian habis masak ya minta temen atau tetangga ha3

jika agak besar coba pakai air sabun kemudia gososk pelan-pelan pakai kanebo sabar dan teliti yak biar kembali tampan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: