JENIS SCREEN


KAIN SCREEN


1. Screen 200 T
Digunakan untuk mencetak sablon pada media plastik menggunakan teknik raster.
2. Screen 180T
Merupakan screen yang baik digunakan untuk mencetak sablon pada plastik atau media yang bertekstur halus.
3. Screen 165 T
Merupakan screen dengan pori – pori halus. Cocok digunakan untuk menyablon logam,kaca, atau plastik.
4. Screen 150 T
Biasanya digunakan untuk membuat sablon kertas dan stiker.
5. Screen 120 T
Cocok digunakan untuk menyablon kayu, kulit, karton, atau seng.
6. Screen 90 T
Merupakan screen yang biasanya digunakan untuk menyablon kain tekstik yang memiliki tekstur halus. Contohnya kain satin atau sutera.
7. Screen 77 T
Biasanya digunakan untuk menyablon spanduk. Anda juga dapat menggunakan screen ini untuk menyablon kaos yang menggunakan desain kecil atau raster.
8. Screen 62 T
Screen ini menggunakan kain saring yang lubang porinya cukup besar, sehingga baik digunakan untuk menyablon kaos. Bisa juga digunakan untuk sablon dengan teknik foaming, sablon lem stiker, atau sablon yang bertujuan mendapatkan ketebalan tertentu.
9. Screen 55 T – 48 T
Screen ini memiliki lubang pori yang besar dan tekstrurnya kasar sehingga dipilih untuk digunakan menyablon media selimut, karung, handuk, atau karpet karena mampu menyalurkan tinta dengan banyak dan tebal.
Jangan lupa , setelah memilih screen yang akan digunakan maka tahap selanjutnya adalah membuat bingkai screen. Bingkai screen ini berfungsi agar screen bisa dibentangkan di atas media sablon. Biasanya bentuk bingkai screen adalah kotak, namun untuk variasi media yang berbentuk melengkung ( misal : ember) bisa divariasikan untuk membentuk bingkai yang melengkung.
Pemilihan bahan bingkai pun sebaiknya menggunakan bahan yang tidak mudah susut ringan, tahan terhadap zat kimia serta stabil. Biasanya dapat menggunakan alumunium bila digunakan untuk sablon massal karena sifatnya yang ringan, kuat, dan stabil. Bila memilih menggunakan bingkai kayu maka pilih kayu yang benar – benar kering agar tidak mengalami penyusutan saat dilakukan proses sablon.

JENIS SCREEN